Site news

Date added: 27-08-2018 Dukung Asian Games, Ratusan Lampu Jalan di Jakbar Diganti LED

JAKARTA - Mempercantik Asian Games 2018 mendatang, sejumlah lampu LED di tebar di kawasan jalan protokol Jakarta. Lampu itu menggantikan sistem lampu konvensional yang telah terpasang.

Pemasangan lampu LED tak hanya membuat terang jalanan. Pemasangan lampu yang terpasang membuat energi menjadi hemat. Lantaran listrik yang digunakan bisa 25 persen lebih murah. 

Kasudin Perindustrian dan Energi Jakarta Barat Ery Gazali mengatakan pergantian lampu konvensional ke lampu Led sedang dilakukan. Jumlah yang terpasang telah mencapai 123 lampu. 

Lampu tersebut diletakan pada lima titik jalan di Jakarta Barat. Diantaranya di Flyover Tomang di Jalan S Parman, Jalan Kyai Tapa,  LTC Glodok, Underpass Tomang dan Jalan Latumenten. semua lampu yang terpasang berkapasitas sebesar 120 watt. 
"Mengapa lima titik itu kami memprioritaskan dalam pemasangan, karena lokasi tersebut akan sering dilalui oleh kendaraan para atlet Asian Games,” ucap Ery kepada Koran Sindo, Kamis (12/7/2018).


Selain di pasang di jalanan, lampu LED juga terpasang di sejumlah titik JPO di Jakarta Barat. Cara ini demi membuat terang JPO yang beberapa tahun lalu kerap di jadikan tempat kejahatan. 

Sementara itu, mempersiapkan Asian Games, Wali Kota Jakarta Barat Rustam Effendi mengatakan telah mengintruksi kepada SKPD terkait mulai dari Satpol PP, Suku Dinas Perhubungan, Kehutanan, Lingkung Hidup, Bina Marga, Perindustian dan Energi, serta kelurahan dan kecamatan. 

Rustam sadar, sekalipun Jakarta Barat tak memliki venue untuk penyelenggaraan Asian Games. Namun kendaraan atlet akan melintas. Karena itu estetika kota harus di jaga, mulai dari jalan mulus, kebersihan lingkungan, menciptakaan kondisi aman, dan menghindari kemacetan. 

Termasuk soal Penerangan Jalan Umum (PJU), Rustam meminta agar jalanan jakarta tetap terang. Pergantian harus segera dilakukan sebelum perayaan asian games. 

"Lampu PJU juga harus diperhatikan dengan serius. Jakarta Barat harus lebih terang dari sebelumnya. Sehingga kendaraan yang melintas bisa merasa nyaman dan aman," tutupnya.

(ysw)
Loading...