CV. IMPACK GRAFINDO

Ruko Market Place PR 1 No. 09

Grand Wisata Bekasi - Jawa Barat

Telp. (021) 29080078, (021) 85454813

Fax. (021) 29080079

HP. 0817 610 729 , 0815 8500 1156 ,

       0878 8080 6072

Email. marketing@dunia-led.com

 

 

LED

1. Apa itu LED?
LED (Light Emitting Diode) adalah lampu elektronik dioda dimana cahaya yang dihasilkan dari semiconductor bisa berwarna merah, hijau ataupun biru ataupun warna lainnya. Dioda ada dua macam yaitu dioda yang tidak menghasilkan cahaya dan dioda penghasil cahaya.

2. Apakah keuntungan menggunakan lampu LED dibanding lampu biasa?
Keuntungannya adalah sbb:
- Hemat Listrik 50%-80%.
- Lebih terang karena cahaya bersifat directional sehingga cahaya tidak terbuang percuma.
- Tidak beracun (lampu Mercury dan lampu neon biasa mempunyai gas beracun).
- Ramah lingkungan dan mendukung green economy.
- Tahan lebih lama dari lampu biasa. Minimal 30.000 s/d 50.000 jam.
- Tidak sepanas lampu pijar atau lampu Mercury.
- Mempunyai banyak pilihan warna cahaya.
- Lampu tidak pernah sekaligus mati, biasanya redup bertahap.
- Tidak memancarkan UV/IR.
- Tidak disukai serangga, tidak seperti lampu neon yang banyak didatangin serangga.
- Mempunyai CRI (Color Rendeing Index) yang tinggi dibanding lampu biasa.
- Lebih artistik memakai lampu LED untuk aplikasi tertentu dimana lampu biasa tak mampu melakukannya.
- Tidak ada filamen, sehingga tidak pernah putus hanya redup saja.
- Langsung start (nanosecond) dibanding dengan lampu tertentu seperti HID.
- Ramah lingkungan karena tidak memakai gas Merkuri (Mercury), Pb ataupun zat yang beracun.
- Coefficient Utilization dan fixture efficacy lebih tinggi dari lampu standar.
- Sangat cocok dipakai di daerah dingin.
- Mengurangi biaya maintenance sehingga sangat cocok untuk dipakai di pabrik yang berjalan 24 jam.

3. Untuk menghemat pemakaian listrik, memakai lampu LED lebih bagus atau memakai solar panel?
Untuk saat ini, solar panel masih terlalu mahal dan Breakeven Pointnya masih terlalu lama. Jadi secara praktis, mengganti lampu konvensional dengan lampu LED lebih menghemat pemakaian listik.

4. Apa saja tipe LED yang dipakai di lampu LED?
Tipe DIP, SMD dan COB. Dan tipe terbaru adalah MCOB


5. Apa yang perlu diperhatikan dalam pembelian lampu LED?
Yang perlu diperhatikan adalah sbb:
 - Harus mempunyai pembuangan panas yang efektif. Lampu LED yang bagus ada heatsink aluminium yang berbentuk seperti sirip ikan hiu dan biasanya lebih berat dari lampu biasa. Ada lampu LED yang dibuat seperti sirip ikan hiu tapi ringan dan bukan merupakan pembuangan panas hanya dibuat untuk mengelabui konsumen yang tidak tahu.
- Apakah lampunya memakai dioda DIP atau SMD atau COB atau MCOB. Kadang ada lampu LED yang bisa dilihat dari luar tipe LED-nya. Kalau tidak bisa lihat, teliti spesifikasi dari brosurnya.
- Apakah elektronik board terbuat dari aluminium PCB atau standar PCB. Aluminium PCB lebih bagus untuk  pembuangan panas dibanding standar PCB.
- Untuk lampu tertentu, cek apakah driver atau power converternya terpisah atau terintegrasi.
- Garansi berapa lama dan daya tahan lampu bisa bertahan berapa jam.

6. Apakah bisa diukur penggunaan listrik lampu LED?
Bisa.

7. Apakah bisa diukur kekuatan cahaya listrik?
Bisa.

8. Sertifikasi UL lebih ketat atau CE?
Biasanya UL lebih ketat.

9. Apa itu Luminous Flux?
Luminous Flux mempunyai unit lumen. Satu Lumen secara experiment adalah terang dari permukaan Platinum 1/60 cm persegi pada saat titik cair 1770 derajad Celsius atau sama dengan 1/621 watts dari cahaya 550nm.

10. Apa itu Luminous Intensity?
Luminous Flux dari sumber cahaya tidaklah merata. Untuk itu perlu Luminous Intensity dimana satuan unit adalah Candela(cd)=1 Lumen/steradian, dimana steradian adalah sudut tiga-dimensi atau solid-angle.

11. Apa itu Illuminance?
Illuminance adalah Luminous Flux tegak lurus pada permukaan dan satuannya adalah lumen/m2. Cahaya makin jauh makin melemah kalau satuan ini dipakai.

12. Kira-kira listrik di harga berapa per KWH baru direkomendasi pemakaian lampu LED?
Biasanya di atas Rp800/KWH. Listrik makin hari makin mahal sehingga pemakaian lampu LED untuk menghemat listrik sangatlah direkomendasi.

13. Apa itu sertifikasi IP65?
Lampu yang tahan terhadap solid object dan air. Nomor pertama menunjukkan ketahanan terhadap solid object (mulai dari 0=tanpa proteksi sampai 6=proteksi penuh terhadap masuknya debu ke dalam perangkat), nomor kedua menunjukkan proteksi terhadap cairan (mulai dari 0=tanpa proteksi sampai 8=tahan terhadap di dalam air dengan kedalaman tertentu). Jadi IP65 berarti tahan terhadap masukknya partikel debu ke dalam perangkat lampu, dan tahan terhadap air yang bertekanan tertentu dari semua arah. Dengan kata lain lampu outdoor semuanya harus ada sertifikasi IP65.

14. Apa itu PIR?
PIR adalah Passive Infrared dimana lampu akan hidup kalau terdeteksi gerakan.

15. Bagaimana menentukan apakah pakai Neon Strip atau LED Strip?
LED Strip lebih kaku dari Neon Strip. Neon strip dipakai untuk tulisan ataupun gambar, sedangkan LED Strip hanya untuk yang agak simple aplikasinya.

16. Apa itu lampu HPS?
Lampu HPS (High Power Sodium) atau lampu sont yang dipakai di jalan.

17. Apa itu CRI?
CRI adalah Color Rendering Index atau kemampuan cahaya merefleksikan warna sebenarnya dari sebuah permukaan benda. Matahari mempunyai CRI 100% atau 1 Ra. Satuannya adalah Ra atau %.

18. Apakah lampu LED bisa dipakai di daerah panas?
Kalau di pakai di daerah seperti cuaca di gurun pasir tidaklah cocok kecuali di dalam mal, ketahanan terhadap temperatur biasanya 50 derajad Celcius, LED lebih menyukai temperatur dingin karena LED terbuat dari semiconduktor. Musuh utama semikonduktor adalah panas. Seperti halnya processor di dalam notebook atau PC harus memakai heatsink dan kadang kipas angin berukuran kecil. Untuk LED hanya bisa dipakai heatsink tanpa kipas angin mikro. Jadi sebelum implementasi pemakaian lampu LED harus diketahui temperatur harian di luar.

19. Apakah sejarah keberhasilan Solid State?
Vacuum Tube tahun 1950 diganti Solid State Transistor, TV CRT tahun 2000 diganti Solid State Flat panel TV, Film Analog diganti dengan Flash memory. Sekarang Lampu pijar sudah digeser lampu CFL. Tak lama lagi lampu CFL juga akan digeser oleh lampu LED. Tahun 2012, efisiensi LPW (Lumen Per Watt) sudah melampaui lampu CFL, Linear Fluorescent, dan lampu HID (High Intensity Discharge).

20. Lampu LED sebenarnya tahan berapa tahun?
LED yang bagus biasanya tahan 100.000 jam atau di atas 11 tahun dipakai 24 jam per hari, tapi sayangnya kapasitor dan perangkat pendukungnya yang tidak tahan. Lampu LED biasanya redup bertahap tidak seperti lampu biasanya. Pada 30.000 jam biasanya lampu LED sudah tidak terang lagi walau masih mengeluarkan lampu. Jadi ketahanan sebuah lampu LED ditentukan tipe LED yang dipakai, manufaktur yang produksi, komponen elektronik pendukung, dan tak kalah pentingnya heatsink aluminium.

21. Coefficient Utilization lampu LED berapa persen?
Biasanya mencapai 90%, lampu pijar dan lampu neon dan lampu CFL hanya mencapai 58%.

22. Fixture Efficacy lampu LED berapa persen?
Biasanya mencapai 54lm/watt dan bisa lebih tinggi untuk ke depannya. Fixture Efficacy lampu Neon dan CFL mencapai 35lm/watt.

23. Mengapa lampu LED yang memancarkan cahaya putih kelihatan ada sedikit warna birunya?
Itu disebabkan setiap semiconductor yang di-doping dengan tipe semiconductor tertentu menghasilkan warna yang berbeda. Ada yang menghasilkan cahaya warna biru dan terkena lapisan phospor coating kuning menjadi putih karena warna additive RGB dimana gabungan pantulan phospor yang berwarna kuning digabung dengan warna biru menghasilkan putih.

24. Heatsink lampu LED dari beberapa produk hampir sama, bagaimana membedakannya?
Ada heatsink yang dibuat dari plastik tapi dilapisin seperti aluminium hanya untuk mengelabui konsumen yang tidak tahu. Ada lagi heat sink yang terbuat dari serbuk besi yang dipadatkan dan dilapisin seperti aluminium. Biasanya dari berat lampu bisa ketahuan, selain itu magnet bisa digunakan untuk mengetahui apakah terbuat dari serbuk besi yang dipadatkan atau tidak.

25. Apa beda lampu konvensional dengan lampu LED dari segi material pembuatan?
Lampu konvensional ada yang mengandung filamen, ada yang mengandung gas Merkuri (Mercury), dan ada yang berbentuk vacuum. Kalau lampu LED hanya memakai semikonduktor dan dilapisi phospor.

26. Ada perusahaan yang berani jamin lampu LED buatan tertentu bisa sampai 15 tahun, apakah benar?
Lampu LED biasanya tahan sampai antara 30.000 jam sampai 50.000 jam tergantung tipe lampu LED. Biasanya setelah mencapai 30.000 jam, lampu LED sudah redup dan cahaya yang dihasilkan tidak lagi praktis untuk dipakai. Walaupun ada lampu tertentu seperti lampu jalan yang bisa tahan sampai 50.000 jam, kalau kita asumsi satu hari lampu LED dihidupkan 12 jam per hari berarti maximal lampunya bisa bertahan 11.4 tahun. Kalau lampunya hanya tahan 30.000 jam dan dihidupkan 12 jam per hari, berarti cuma tahan 6.8 tahun. Jadi dari mana perusahaan tertentu berani menjamin 15 tahun. Apakah punya dasar matematika yang jelas dan bisa dibuktikan? Jadi lebih baik jangan termakan marketing gimmick saja.

27. Lampu Tube DC pilih driver internal atau external lebih bagus?
Biasanya external lebih bagus karena kalau rusak lebih gampang diganti.

28. Lampu Tube DC ataupun Tube AC LED kenapa harga bisa beda begitu besar?
Harus dilihat dari tipe dioda yang dipakai apakah pakai dioda DIP atau SMD atau COB, harus dilihat elektronik board-nya apakah yang standar atau aluminium, harus dilihat apakah heatsinknya asli aluminium, harus dilihat komponen elektronik yang dipakai apa berkualitas atau tidak, harus dilihat driver yang dipakai internal atau external. Itulah yang menyebabkan harga yang dan kualitas yang berbeda.

29. Apakah Lampu LED bisa menggantikan semua lampu yang ada?
Tidak bisa, ada limitasi heatsink design dan harganya membuat lampu LED tidak bisa menggantikan semua lampu yang ada di pasaran. Karena keterbatasan heatsink sehingga muncul lampu induksi untuk menutupi kekurangan lampu LED.

30. Apakah ada software free untuk simulasi warna cahaya dalam ruangan?
Ada.

31. Kenapa penerangan lampu gantung yang menghadap atas atau samping tak cocok memakai lampu LED sebagai penerang?
Untuk fungsi penerang, yang diperlukan adalah cahayanya. Kalau lampunya menyorot ke atas atau ke samping maka cahaya lampu LED yang bersifat directional tidak maximal dalam memberikan cahaya yang diperlukan. Kalau untuk keindahan, boleh saja dipakai lampu LED tapi untuk fungsi penerang tidaklah begitu cocok. Jadi aplikasi untuk keindahan ataupun penerang tergantung masing-masing individual.

32. Saya pernah mendengar lampu LED ada yang diasuransikan apakah benar?
Benar, ada lampu tipe tertentu yang diasuransikan untuk melindungin konsumen. Perusahaan asuransi hanya berani mengasuransikan lampu LED yang benar-benar berkualitas untuk meminimalisasi klaim. Sebagaimana kita mengetahui bahwa pembuangan panas elektronik melalui heatsink, design yang bagus panas dibuang di heatsink tapi bukan listriknya yang dibuang ke heatsink.

Ada lampu LED tertentu yang tak memenuhi syarat tersebut sehingga perusahaan asuransi tak berani mengambil resiko untuk mengasuransikan lampu LED yang berkualitas rendah. Lampu LED yang mempunyai asuransi biasanya lebih mahal karena kualitasnya dan biasanya dipakai di industri untuk melindungi pekerja karena industri mengutamakan keselamatan.

33. Lampu LED yang directional apa sama dengan sinar LASER yang juga bersifat directional?
Tidak sama, cara kerja LASER berbeda dengan cara kerja LED. Sinar LASER memang bersifat directional dan menghasilkan sinar dengan satu frekuensi melalui electron excitement. LED mempunyai sinar directional dengan frequensi yang lebih lebar dari LASER tapi lebih sempit dari lampu CFL ataupun lampu lainnya.

34. Mengapa LED tahan begitu lama dibandingkan komponen elektronik lainnya?
Karena LED terdiri dari dua terminal saja yaitu positif(anoda) dan negatif(katoda). Di dalam elektronik, komponen yang makin simple makin reliable dan makin tahan lama. Itulah sebabnya kenapa lampu LED tahan lama karena simple design-nya, yang tidak tahan adalah komponen pendukungnya seperti kapasitor dan komponen lainnya.

35. Mengapa lampu LED yang dipakai di truk memakai LED DIP bukan SMD atau COB?
Karena lebih ekonomis dari segi harga.

36. Mengapa lampu LED yang dipakai di truk bisa beragam warnanya?
Warnanya bukan warna LED tapi kaca yang membuatnya berwarna. LED DIP di truk memakai LED warna putih kebiruan, karena kaca berwarna yang membuatnya menjadi warna sesuai warna kaca plastik yang menutupinya.

37. Apa itu Color Temperature?
Color Temperature menyebabkan warna lampu ada yang warm white, natural white, dan cool white. Pada temperatur 3000K-3500K menghasilkan warm white, 4000K-4500K menghasilkan natural white, 5000K-7000K menghasilkan cool white.

38. Lampu Tube AC/DC LED dan Highbay LED serta lampu berkualitas LED lainnya masih berlipat harganya dari lampu standar, apakah masih untung secara ekonomi dihitung jangka panjangnya?
Kalau dihitung penggunaan listrik yang bisa hemat 80% selama minimal 12 jam (untuk industri bisa 24 jam), dan ketahanan lampu LED selama bertahun-tahun, dan biaya maintenance lampu konvensional vs lampu LED. Maka lampu LED masih tetap ekonomis kalau dihitung jangka panjangnya.

 
 
 
Loading...