Site news

Date added: 28-05-2018 Perbaiki Lampu Jalan, Dinas PU Alokasikan Anggaran Rp1,2 Miliar

Vivi Riski IndrianiSenin, 28 Mei 2018 - 10:08 WIB

views: 11

Perbaiki Lampu Jalan, Dinas PU Alokasikan Anggaran Rp1,2 Miliar

Petugas sementara melakukan perbaikan Lampu Jalan di Makassar. Foto: dok/SINDOnews

MAKASSAR - Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Makassar mengalokasikan anggaran sebesar Rp1,2 miliar pada APBD Pokok 2018. Tujuannya untuk pengadaan satu unit mobil sky lift untuk memperbaiki lampu penerangan jalan umum.

Kepala Dinas PU Makassar Muh Anshar mengatakan, bahwa penambahan satu unit mobil sky lift ini diperuntukkan untuk menyasar semua lampu jalan yang rusak di luar lampu lorong. Pengadaanya langsung di sekretariat Dinas Pekerjaan Umum.

"Langsung di sekretariat tidak melalui bagian perlengkapan. Anggarannya Rp1,2 miliar," singkat Anshar.

Lanjutnya, pengadaan mobil ini tinggal menunggu barangnya tayang di e-Katalog. Sehingga dia menargetkan mobil ini sudah ada pada Juni mendatang.

"Kita tinggal klik barangnya di e-katalog, tapi kita berharapa bulan depan paling lambat barangnya sudah ada," tuturnya.

Terpisah, Kepala UPTD Lampu Jalan, Achmad Jusri menambahkan, saat ini Dinas PU memiliki 11 unit mobil sky lift dengan ketinggaian rata-rata 14 meter.

Hanya saja, lanjutnya dari 11 unit mobil yang tersedia empat diantaranya sudah dalam kodisi yang tidak memungkinkan.

"Kita ada 11 unit mobil sky lift, tapi empat sudah tua dan seringmi rusak, yang satu itu bahkan sudah rusak parah," singkatnya.

Lebih rinci, kata Jusri untuk lampu dengan ketinggian 3 meter sampai 4 meter biasanya diperbaiki dengan menggunakan mobil sky lift. Namun, jika ketinggiannya hanya berkisar 1 meter sampai 2 meter hanya menggunakan tangga.

"Kalau 3 meter sampai 4 meter itu kita pakai mobil, tapi kalau hanya 1 meter sampai 2 meter kita cuma pakai tangga," ujarnya.

Dia menjelaskan mobil ini dioperasionalkan untuk memperbaiki setiap lampu jalan yang rusak. Setidaknya, ada 31.000 titik lampu jalan yang tersebar di Kota Makassar.

Tiap tahunnya, kata Jusri, berkisar 2000 sampai 3000 unit lampu jalan yang di ganti. Begitu halnya dengan tahun ini. Hanya saja, Jusri belum bisa menyebutkan berapa unit lampu jalan yanh di ganti tahun ini.

Dari 31.000 titik lampu jalan, 10.500 unit diantaranya sudah di ganti dengan jenis LED. Lampu jenis ini sangat hemat lantaran bisa menekan pemakaian energi hingga 60% dengan kapastitas yang dinilai sangat bagus.

Date added: 15-05-2018 Efisiensi, PJU Ganti Lampu LED

KEPANJEN – Area pemasangan Penerangan Jalan Umum (PJU) menggunakan teknologi LED semakin diperluas oleh Dinas Bina Marga, Kabupaten Malang. Pemasangan lampu LED ini sebagai upaya efisiensi atau menyiasati tingginya anggaran perawatan apabila menggunakan lampu teknologi High Pressure Sodium (HPS).
Kepala Dinas Bina Marga Kabupaten Malang, Ir Romdhoni mengatakan, perawatan PJU menggunakan HPS sangat mahal.
“Mahalnya perawatan bukan karena harga jual spare part-nya mahal, akan tetapi tidak tahan lama. Maka dari itu, sering mengganti lampu, lanataran lampu HPS cepat mati dan rusak,” ujarnya kepada Malang Post, kemarin.
Dia menjelaskan, apabila menggunakan lampu LED, maka tahan lama. Usia lampu LED hingga lima tahun. Kondisi ini berbeda ketika menggunakan lampu HPS yang tiap bulannya selalu ada saja lampu mati. Lantaran lampu HPS cepat rusak ketika terkena air hujan atau mudah mati bila dinyalakan dengan jangka waktu lama.
“Apalagi perusahaan produsen pembuat lampu LED ini memberikan garansi lima tahun. Ketika ada yang rusak, maka akan diganti oleh pabrik,” katanya.

 Selain itu, biaya langganan listrik lampu LED lebih murah. Lantaran daya yang dibutuhkan lebih rendah. Bila lampu HPS membutuhkan daya  250 watt, LED hanya membutuhkan 90 watt.
Menurutnya, pergantian lampu LED ini akan terus diperluas. Seluruh desa diharapkan terpasang lampu LED. Tidak hanya itu, seluruh jalan utama yang banyak dilintasi pengendara, juga dipasang PJU LED. Sehingga, kedepannya nanti tidak ada daerah maupun desa yang mengeluhkan akses jalan gelap lantaran PJU mati.
“Ada ratusan titik yang kami pasang lampu LED. Sedangkan proses pemasangannya terus kami kebut,” kata mantan Kepala Disperkim dan Cipta Karya Kabupaten Malang ini.
Lebih laanjut dia menjelaskan, selain penggunaan lampu hemat listrik, PJU tenaga surya atau solar cell yang juga menjadi daya penerangan akan diinventarisasi. Pasalnya, PJU tenaga surya ini banyak yang tidak berfungsi, seperti  di sepanjang ruas jalan lingkar barat (jalibar) Kepanjen yang dikarenakan rusak dan baterai penyimpan daya hilang dicuri.
“Tentunya PJU solar cell yang rusak kami perbaiki. Kemudian lampunya diganti LED yang lebih tahan lama,” pungkasnya. (big/jon)

Date added: 09-05-2018 LAMPU LED Memiliki Banyak Kelebihan dari CFL

LAMPU LED Memiliki Banyak Kelebihan dari CFL yang perlu Anda ketahui. The light emitting diode (LED) adalah salah satu teknologi pencahayaan yang paling hemat energi dan cepat berkembang saat ini. Kualitas lampu LED bertahan lebih lama, lebih tahan lama, dan menawarkan kualitas cahaya yang sebanding atau lebih baik dari pada jenis pencahayaan lainnya.

Lampu LED

Lampu LED

Lampu LED adalah teknologi terbaru di dunia pencahayaan. Untuk dapat menggunakan lampu hemat energy ini memerlukan beberapa kiat mudah dan murah versi Anda. Jenis lampu ini disukai oleh banyak orang dari semua gaya pencahayaan. Lampu LED jauh lebih baik daripada saingannya Compact Fluorescent Lights (CFL).

Dengan peningkatan kinerja dan penurunan harga, LED bisa menggantikan lampu pijar 40, 60, dan bahkan 75 Watt. Penting untuk membaca Label Fakta Cahaya untuk memastikan produk tersebut memiliki kecerahan dan warna yang tepat untuk lokasi yang diinginkan. Bila dipilih dengan hati-hati, produk pengganti LED bisa menjadi pilihan yang sangat baik.

Manfaat LED melebihi CFL

Kurang Konsumsi Daya

Alasan terbaik adalah bahwa LED mengkonsumsi lebih sedikit daya dibandingkan dengan CFL. Jika Anda bosan dengan membayar tagihan listrik yang sangat mahal, maka LED adalah solusi yang tepat.

Bila menggunakan lampu pijar 75 watt untuk tujuan perbandingan, ditemukan bahwa efisiensi LED adalah 80 lumen/watt dan CFL adalah 57,5 lumens/watt. Efisiensi LED yang lebih tinggi dapat membantu Anda mengurangi biaya tagihan listrik Anda.

Tahan lama

Tidak ada yang punya saku besar untuk tetap menghabiskan peralatan pencahayaan setelah menggunakannya hanya dalam rentang waktu yang singkat. Semua ingin itu terjadi hanya sebagai investasi satu kali saja. Jika Anda menginginkan itu juga, maka LED adalah apa yang harus Anda pilih.

LED memberikan masa pakai yang lebih lama daripada CFL. Untuk memberi Anda gagasan yang jelas, Rata-rata masa lampu LED adalah 40.000 jam, sedangkan CFL hanya 10.000 jam saja. Apalagi, masa lampu LED tidak bisa dilakukan dengan metode instalasi atau On-Off cycle. Sebaliknya, kedua faktor tersebut berperan dalam menentukan masa pakai CFL.

Biaya efektif

Tentu saja, karena lampu LED mengkonsumsi lebih sedikit daya, harganya lebih efektif dibandingkan CFL. Sama seperti tes sebelumnya, lampu pijar standar 75 watt digunakan untuk mengetahui selisih antara biaya penggunaan LED dan CFL. Bila Anda menggunakan LED akan menghemat uang hasil jerih payah Anda terjamin.

Ramah lingkungan

Karena Anda adalah bagian dari masyarakat, Anda harus memiliki beberapa tugas untuk melakukannya. Anda tidak bisa hidup bahagia jika lingkungannya tidak ramah manusia. Sesuai dengan berbagai tes, ditemukan bahwa LED lebih ramah lingkungan. Berbicara tentang angka tersebut, sebuah LED memancarkan karbon dioksida seberat 451 pon per tahun, sementara jumlah karbon dioksida yang dipancarkan CFL adalah 1051 pound per tahun. Jumlahnya cukup untuk memberi Anda gagasan yang jelas tentang bagaimana LED lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan CFL.

Bagaimana memilih lampu LED yang sesuai untuk rumah minimalis?

Tersedia dalam berbagai desain

Anda mungkin tidak lagi tertarik dengan CFL sejauh menyangkut bagian desain. Lampu LED hadir dalam berbagai desain untuk menambahkan lebih banyak model untuk menambah keindahan rumah Anda. Anda dapat memilih pilihan yang tersedia untuk Anda. Dalam kasus CFL, Anda harus secara paksa memilih desain yang bahkan tidak Anda sukai. Ayo, biarkan pencahayaan rumah Anda berbicara tentang disainnya juga.

Kesimpulan

Kini Anda mengetahui mengapa lampu LED lebih baik daripada CFL. Hal ini juga merupakan dampak dari penggunaan teknologi terbaru yang semakin canggih. Bisa saja pada beberapa tahun kedepan aka nada yang lebih baik lagi dari LED.

Date added: 03-05-2018 "Hemat Listrik Demi Tagihan dan Generasi Masa Depan"

JAKARTA, KOMPAS.com - Penggunaan listrik secara berlebihan bisa merugikan banyak pihak. Tak hanya membuat biaya tagihan listrik rumah melambung, tapi juga sisa pasokan energi untuk menghasilkan listrik akan habis. Namun, sebelum itu terjadi, ada baiknya masyarakat menggunakan listrik secara bijak. Karena memang, saat ini listrik menjadi kebutuhan pokok bagi sebagian besar masyarakat dunia. Hampir semua aktivitas yang manusia lakukan sehari-hari berhubungan dengan penggunaan listrik. Mulai dari lampu untuk menerangi gelapnya malam, penggunaan mesin cuci untuk mencuci pakaian, hingga kebutuhan listrik untuk mengisi daya baterai telepon genggam atau laptop. Lalu, bagaimana sebenarnya cara mengurangi daya listrik yang digunakan setiap hari? Rektor Sekolah Tinggi Teknik (STT) PLN Supriadi Legino saat ditemui Kompas.com di Hotel JS Luwansa, Rabu (7/3/2018)(KOMPAS.com/ALEK KURNIAWAN) “Mulai dari cara yang paling mudah, contohnya penggunaan lampu,” kata Rektor Sekolah Tinggi Teknik (STT) PLN Supriadi Legino dalam diskusi 'Mengupas Pemakaian Energi Listrik pada Industri' yang digelar Rentokil Lumnia di Hotel JS Luwansa, Jakarta, Rabu (7/3/2018). Ini termasuk tips sederhana yang masih diremehkan banyak orang. Sebaiknya, matikan lampu yang tidak diperlukan di beberapa ruangan saat malam hari atau beristirahat. Supriadi juga mengimbau untuk lebih menggunakan lampu neon dan lampu LED (light-emitting diode) daripada lampu pijar biasa. Hal ini karena lampu neon dan lampu LED membutuhkan daya yang lebih kecil daripada lampu pijar. Sebagai contoh, lampu LED merek tertentu berkapasitas 7 watt bisa setara dengan lampu bohlam 60 watt. Meskipun harga lampu LED lebih mahal, tapi lampu ini lebih hemat dan awet, sehingga menekan biaya pengeluaran lebih lanjut. Selain penghematan penggunaan lampu, Supriadi juga menyarankan untuk memperhatikan penggunaan kulkas dan pendingin ruangan (AC). Pastikan pintu kulkas selalu tertutup rapat untuk menghindari daya berlebih yang dibutuhkan. Selain itu jangan isi kulkas terlalu penuh, karena semakin banyak isi kulkas, akan semakin banyak energi yang dibutuhkan. "Penggunaan pendingin ruangan (AC) juga harus dikontrol. Suhu 24 derajat celsius sebenarnya sudah cukup dan jangan lupa matikan ketika tidak digunakan," tambah Supriadi. Namun, terkadang banyak orang yang juga lupa mematikan pendingin ruangan setiap harinya. Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa menggunakan timer untuk mematikan pendingin ruangan secara otomatis. Memang harus ada kerja sama yang apik antara masyarakat dan pemerintah mengenai imbauan ini. Sekolah juga sebaiknya diikutsertakan dalam mengedukasi siswa sejak dini. "Saya pikir sekolah bisa dijadikan tempat yang tepat untuk mengedukasi hemat listrik, karena dari sana bisa lahir generasi penerus dengan pola pikir yang bisa dibangun sejak kecil," tutup Supriadi.


Penulis : Alek Kurniawan
Editor : Latief

Date added: 21-03-2018 Pakai Listrik Prabayar? 5 Hal Ini Jitu Menghemat Pengeluaran

Menjadi pelanggan listrik prabayar berarti Anda akan mengisi kebutuhan listrik rumah tangga seperti mengisi pulsa telepon.

Mau tidak mau Anda harus beradaptasi dari sisi gaya hidup supaya biaya konsumsi listrikAnda tidak terlalu drastis pembengkakannya.

Berikut beberapa trik penghematan listrik prabayar yang bisa Anda terapkan:

1. Matikan lampu bila sudah tidak digunakan

Langkah ini sering luput dilakukan orang. Ketika malam dan tiba waktu beristirahat, lampu rumah masih banyak yang terang benderang. Biasakan mematikan lampu ketika malam dan sisakan saja beberapa penerangan yang penting. Misalnya, lampu teras, lampu dapur, dan lain-lain. Jangan lupa juga selalu mematikan penerangan saat keluar dari ruangan.

2. Cabut steker listrik dari terminal bila tidak terpakai

 

Membiarkan steker listrik terpasang terus di terminal berlama-lama, bukan cuma berisiko merusak peralatan elektronik. Konsumsi listrik juga terus berjalan selama steker listrik Anda biarkan terpasang.

Sebagai gambaran, kabel laptop yang terus terpasang mengonsumsi 50 watt per jam, sedangkan komputer meja atau desktop memakan listrik sekitar 20 watt per jam.

Begitu juga charger ponsel, memakan kurang lebih 1 watt per jam. Belum lagi steker televisi yang bisa menghabiskan listrik sampai 15 watt per jam. Modem internet juga bisa menjadi “vampir listrik” sebesar 4 watt per jam.

3. Ganti lampu dengan lampu LED

Langkah ini memang membutuhkan modal cukup besar. Karena, lampu LED relatif mahal dibanding lampu biasa. Tapi, penghematannya akan terasa dalam jangka panjang.

Sebagai gambaran, lampu LED 7 watt merek tertentu setara dengan bohlam 60 watt. Harga lampu LED rata-rata di atas Rp 100.000 per buah.

Hemat Listrik© Disediakan oleh Tribun News Hemat Listrik

4. Atur pemakaian alat elektronik berdaya besar

Beberapa peralatan elektronik memakan listrik yang tidak kecil. Seperti Air Conditioning (AC), pompa air, dispenser, water heater, rice cooker atau magic com, mesin cuci, dan lain-lain. Atur pemakaian alat-alat elektronika yang boros listrik ini agar listrik prabayar Anda tidak lekas habis.

Misalnya, pakai mesin cuci seminggu tiga kali saja, cabut steker dispenser dan optimalkan air dingin dari kulkas saja. Manfaatkan kompor gas untuk membuat air panas. Beli tandon penampung air agar tidak sering-sering menyalakan pompa listrik.

5. Galakkan aksi penghematan anggota keluarga

Penghematan konsumsi listrik akan sulit dilakukan oleh satu orang saja. Terlebih bila isi rumah Anda ada banyak personel. Mulai kampanyekan gerakan hemat listrik keluarga demi kesehatan finansial.

Anda bisa membantu mengingatkan anggota keluarga untuk berhemat listrik dengan membuat tulisan-tulisan pengingat yang dapat Anda tempel di dekat peralatan elektronik. (*)

Date added: 15-01-2018 Stadion GBK Gunakan Lampu LED dan Panel Surya untuk Listrik

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Israr Itah

 
Republika/Iman Firmansyah
Wajah Baru Stadion Utama Gelora Bung Karno pada malam hari usai renovasi.
Wajah Baru Stadion Utama Gelora Bung Karno pada malam hari usai renovasi.

 

 

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, akhirnya diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Ahad (14/1). Setelah hampir satu tahun mengalami renovasi, saat ini Stadion GBK tampil dengan wajah baru dan dengan pasokan energi yang ramah lingkungan.

Wajah baru Stadion GBK diikuti dengan sistem baru penyediaan listriknya. Stadion ini dilengkapi panel surya dengan kapasitas 420 kWp yang mampu menghasilkan rata-rata 1.470 kWh/hari. Melengkapi sumber utama energi stadion yang berasal dari tenaga surya yang memiliki, listrik GBK juga terkoneksi dengan sumber listrik dari PLN dan genset.

Dalam keterangan resmi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) disebutkan bahwa stadion ini diterangi lampu berkekuatan 3.500 lux atau tiga kali lebih terang dari sebelumnya. Namun yang membanggakan, pencahayaan Stadion GBK 50 persen lebih hemat karena menggunakan lampu Light Emitting Diode (LED), bukan lampu konvensional. Titik lampu sebanyak 610 set yang terkoneksi dengan sistem tata suara yang berkekuatan hingga 80.000 watt PMPO, sehingga pergerakan lampu dapat seirama dengan musik yang dimainkan.

Pencahayaan sebelumnya memakai teknologi metal halide, membutuhkan waktu sekitar 15 menit untuk pemanasan sebelum dapat dihidupkan. Sekarang dengan LED, bisa difungsikan sebagai interactive dynamic lighting.

"Renovasi besar Gelora Bung Karno saya nyatakan diresmikan dan dimulai penggunaannya," ujar Presiden yang kemudian menandatangani batu peresmian. Presiden Jokowi menyaksikan langsung pertandingan persahabatan antara Timnas Indonesia melawan Islandia yang berakhir dengan skor 4-1 untuk kemenangan tim Islandia tersebut.

Presiden Jokowi melalui akun Facebook-nya juga menyebutkan bahwa stadion ini salah satu dengan pencahayaan terbaik di dunia.  Selain ramah lingkungan karena menggunakan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) sebagai sumber utama listriknya, Stadion GBK juga telah menggunakan lampu LED standar tertinggi yang diakui FIFA dan federasi atletik internasional (IAAF)

Date added: 19-12-2017 Harga Tarif Listrik 2017 Melambung Lagi, Ini Dia Trik untuk Menyiasatinya!

Harga Tarif Listrik 2017 Melambung Lagi, Ini Dia Trik untuk Menyiasatinya

Saat ini, pencabutan subsidi listrik tak hanya berlaku bagi para pengguna listrik golongan 1300 VA saja melainkan sudah diperluas hingga golongan tarif 900 VA. Rencananya kenaikan harga tarif listrik 2017 ini akan dilakukan secara bertahap sebanyak tiga kali, yaitu bulan Januari, Maret dan Mei. Masing-masing, kenaikan nya mencapai 32%. Pada bulan Januari saja, tarif listrik pada golongan ini naik dari posisi 585 rupiah per KWh, menjadi 774 rupiah per KWh. Hal ini tentu menimbulkan keluhan di kalangan masyarakat terutama bagi kalangan menengah ke bawah dan juga para pelaku usaha.

Tak perlu risau atau panik hanya karena tarif listrik yang sudah tidak disubsidi dan cenderung mengalami kenaikan. Solusinya, mulai kini adalah dengan berhemat dengan beberapa tips di bawah ini:

  1. 1.Ganti televisi.

Tips pertama menghemat pengeluaran listrik adalah dengan mengganti televisi. Mengapa? Karena setiap rumah tangga pasti memiliki televisi dan televisi sendiri merupakan perabotan elektronik yang paling sering digunakan. Jika rumah Anda masih menggunakan TV tabung, segera ganti dengan TV jenis LED. Meski awalnya memang harganya sedikit mahal, sekitar 1,5 jutaan ke atas, namun daya konsumsi listrik TV LED lebih rendah daripada TV tabung. Yaitu hanya sekitar 55 watt saja, bandingkan dengan TV tabung yang bisa mencapai 100 watt untuk beroperasi.

  1. 2.Ganti dengan lampu LED.

Perabotan elektronik yang sering dipakai selanjutnya adalah lampu. Bagi yang masih menggunakan lampu neon/lampu pijar, beralihlah pada pemakaian lampu LED. Namun karena harganya cenderung mahal, gantilah lampu pijar ke lampu LED saat lampu pijar sudah benar-benar rusak. Kemudian gunakan lampu LED di tempat-tempat atau ruangan yang lebih sering dalam keadaan terang semisal teras atau ruang keluarga. Sehingga awetnya pun akan lebih terasa.

 
  1. 3.Pakai timer digital.

Menghadapi harga tarif listrik 2017 yang sudah mulai mengalami kenaikan, solusi penghematan listrik menjadi penolong yang dapat menyelamatkan anggaran tagihan listrik. Bagi Anda yang menggunakan dispenser selama 24 jam nonstop, mulailah untuk menggunakan timer digital untuk dispenser Anda. Hal ini dikarenakan, konsumsi listrik dispenser cukup besar, mencapai 300-500 watt. Ubah setting timer nyala dispenser pada jam-jam dimana dispenser lebih sering dibutuhkan, misal pada pagi atau malam hari saja. Di luar jam-jam tersebut, dispenser mati. Jika memang membutuhkan air panas, sebaiknya rebus air di atas kompor saja.

  1. 4.Gunakan stavolt/stabilizer dan kapasitor.

Untuk yang tegangan listrik di rumahnya tergolong rendah, pasti sering mengalami listrik turun (jeglek) pada saat beberapa perabotan listrik yang memakan daya cukup banyak digunakan secara bersamaan misal pompa air, rice cooker, TV dan mesin cuci. Listrik yang naik turun ini dapat menyebabkan tagihan listrik membengkak sekaligus mempermudah resiko rusaknya perabotan elektronik. Solusinya, gunakan stavolt dan stabilizer untuk beberapa perabotan yang konsumsi listriknya cukup besar.

  1. 5.Pakai tandon air.

Pompa air saat permulaan dinyalakan bisa memakan daya konsumsi listrik hingga 200 watt dan 100 watt pada saat beroperasi, hal ini juga dapat membuat tagihan listrik membengkak, padahal konsumsi air rumah tangga cukup banyak. Solusinya adalah dengan memasang tandon atau torren untuk menyimpan air dan gunakan sensor apung. Sensor apung ini berfungsi untuk menyalakan pompa secara otomatis saat persediaan air di tandon mulai habis dan mematikannya saat tandon sudah penuh. Dengan tips-tips tersebut, Anda sudah tak perlu risau lagi dengan adanya kenaikan harga tarif listrik 2017.

harga tarif listrik 2017

 

 

SEO enthusiast since 2009 | Life isn't about finding yourself. Life is about creating yourself.c

Date added: 13-10-2017 1.500 Lampu LED Akan Terangi Kota Madiun

Date added: 23-01-2017 4.900 Lampu LED SS akan Dipasang di Jaksel

Date added: 23-01-2017 Tips Memilih Lampu Plafon untuk Rumah Minimalis

Loading...