Site news

Date added: 29-07-2021 Kenapa Lampu Berkedip Tiba-tiba? Kenali Penyebabnya Berikut Ini

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika sedang berkumpul di ruang keluarga atau membaca buku di kamar tidur, pernahkah mengalami kondisi di mana lampu tiba-tiba berkedip? Ada beberapa penyebab lampu berkedip yang perlu Anda ketahui. Namun demikian, jangan khawatir, sebab perbaikannya pun tidak sulit. Dilansir dari Family Handyman, Sabtu (17/7/2021), berikut beberapa penyebab lampu berkedip tiba-tiba dan solusinya.


Apa penyebab lampu berkedip?

Lampu yang berkedip-kedip sering kali menunjukkan bahwa bohlam itu sendiri (bukan lampu atau seluruh sistem kelistrikan rumah) mendekati akhir masa pakainya. “Salah satu alasan paling umum, dan Anda harus selalu mencari hal-hal yang jelas terlebih dahulu, adalah bohlam akan segera putus,” kata Terry Duncan, CEO Mr Electric di Inglewood, California. Jika ini masalahnya, imbuh Duncan, mengganti bohlam lama dengan yang baru akan berhasil menyelesaikan masalah.. 


"Anda juga dapat mencoba memasang bohlam sedikit lebih kencang untuk melihat apakah itu membantu. Terkadang bohlam yang kendur juga akan berkedip," jelas Christopher Haas dari Haas & Sons Electric di Pasadena, Maryland. Masalah bohlam lama dan/atau kendur biasanya hanya berlaku untuk bohlam pijar. Jika lampu berkedip yang dimaksud adalah lampu LED, Anda tentu dapat mencoba mematikan bohlam untuk melihat apakah itu membantu. Namun demikian, kemungkinan besar, Anda harus menyelidiki lebih lanjut.


Penyebab lain lampu berkedip Anda telah mengganti bohlam dan kedipan terus berlanjut. Berikut adalah beberapa hal yang mungkin terjadi.


1. Kabel atau sambungan listrik longgar Duncan mengatakan, hal ini kemungkinan besar terjadi jika Anda baru-baru ini melakukan pekerjaan listrik di rumah oleh seseorang yang gagal menyambungkan atau mengamankan semua kabel dengan benar. Jika Anda mencurigai hal ini, Duncan merekomendasikan untuk memanggil teknisi listrik untuk membantu penyelidikan, karena kebakaran akibat aliran listrik terkadang dapat terjadi dalam kondisi ini.


2. Komponen yang salah Jika lampu sudah tua, rusak, berkarat, atau rusak karena alasan lain seperti kabel retak atau sakelar kendur, kedipan dapat terjadi. Untuk menguji ini, Haas menyarankan untuk melepas bohlam dan menggantinya dengan yang Anda tahu berfungsi. Jika kedipan terus berlanjut, permasalahan bisa jadi pada komponen seperti kap lampu atau fitting lampu. Anda dapat memulai dengan memasang yang baru.

Kemudian jika masih juga berkedip, saatnya untuk memanggil teknisi listrik guna menangani hal ini.


3. Ketidakcocokan dengan lampu LED Beberapa lampu, khususnya lampu pada kipas angin gantung, mungkin tidak beroperasi dengan benar saat menggunakan bohlam LED. Jika Anda menggunakan bohlam LED dan peralatan, atau perlengkapan berkedip, coba ganti kembali ke bohlam pijar biasa. Tapi, bukan itu saja yang mungkin tidak berfungsi dengan benar dengan lampu LED yang lebih baru. Apakah lampu berkedip berbahaya? "Selain kasus sambungan listrik yang longgar, lampu yang berkedip jarang berbahaya," ungkap Duncan. Baca juga: Sebelum Membeli, Kenali Jenis Lampu untuk Teras   Namun, jika mengganti bola lampu, mengganti perlengkapan dan/atau berinvestasi dalam fitting baru terbukti sia-sia, jangan biarkan. Masalah listrik yang tampaknya kecil dapat berkembang seiring waktu, yang pada akhirnya menciptakan potensi bencana. "Panggil seseorang untuk melihatnya. Itu selalu yang terbaik untuk keamanan," saran Duncan.


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kenapa Lampu Berkedip Tiba-tiba? Kenali Penyebabnya Berikut Ini", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/homey/read/2021/07/17/131735176/kenapa-lampu-berkedip-tiba-tiba-kenali-penyebabnya-berikut-ini?page=all.
Penulis : Sakina Rakhma Diah Setiawan
Editor : Sakina Rakhma Diah Setiawan

 

Untuk konsultasi silahkan hub DUNIA-LED, 081585001156

Date added: 16-11-2020 Lampu led ternyata menyimpan bahaya ?

Nusantaratv.com - Lampu jenis LED selain digunakan untuk penerang rumah juga banyak digunakan pada perangkat elektronik seperti handphone dan komputer.

Lampu LED juga dikenal hemat listrik. Namun tahukah kamu bahwa lampu LED juga menyimpan bahaya karena dapat memicu kebutaan.

Terlalu sering terpapar sinar lampu LED akan menyebabkan retina mata menjadi rusak dan menjurus kepada kebutaan.

Menurut Dr Celia Sanchez-Ramos, seorang peneliti dari Universitas Madrid, mengatakan, terpapar sinar LED terlalu lama dapat mengakibatkan kerusakan retina.

Terlebih pada anak kecil yang syarat matanya belum sekuat manusia dewasa akan lebih rentan terhadap sinar lampu LED.

Untuk itu, menurut saran Dr Celia, sebaiknya anak jangan dulu diberikan gawai agar mata si anak tidak terkena dampak dari LED.

Retina sendiri merupakan sebuah bagian dari mata yang berfungsi untuk menangkap semua gambaran yang dilihat oleh mata kemudian diteruskan ke dalam kornea.

Dalam retina terdapat banyak jutaan sel yang peka akan cahaya sehingga jika mata terkena paparan lampu LED terus menerus bisa merusak kepekaan cahaya tersebut.

Alhasil, penglihatan akan menjadi terganggu.

Lampu LED salah satunya memancarkan cahaya biru yang ternyata bisa membuat dampak yang kurang baik pada mata.

Sinar biru tidak hanya terdapat pada lampu LED saja namun juga pada layar komputer dan gawai yang sering kita gunakan.

Dilansir dari Independent.co.uk, peneliti mengungkapkan bahwa cahaya biru seperti pada sinar LED yang ada pada berbagai alat elektronik seperti gawai bisa menyebabkan kebutaan.

Setuju dengan pendapat Dr Celia Sanchez-Ramos, salah seorang lulusan S2 Universitas Toledo bernama Kasun Ratnayake, PhD menjelaskan bahwa paparan sinar biru pada retina bisa membunuh sel photoprotector pada mata.

“Photoprotector pada mata tidak bisa beregenerasi jika telah mati,” jelas Ratnayake.

Untuk itu disarankan menggunakan kacamata khusus yang dilengkapi pelindung dari UV dan cahaya biru agar mata tidak alami kebutaan karena rusaknya retina.

Selain itu lakukan sistem 20-20-20. Setelah terpapar sinar biru cukup lama seperti pada layar komputer, sebaiknya setiap 20 menit sekali atur jarak melihat objek lain sejauh 20 kaki selama 20 detik.

Date added: 03-09-2020 Cara Aman Mengemudi di jalan berkabut mengandalkan lampu LED

Date added: 10-08-2020 Kelebihan Lampu LED dibanding lampu lain nya

Date added: 28-07-2020 Tips Menghitung berapa Watt lampu di setiap ruang

Date added: 13-07-2020 NIPS dukung program 45.000 titik PJU Tenaga Surya 2020

Date added: 20-05-2019 8 Cara Menghemat Pulsa Listrik Agar Tidak Cepat Habis, Paling Ampuh!

Date added: 01-05-2019 Harga tagihan listrik 2019,Tarif dasar listrik akhir tahun 2019 & cara menghemat listrik.

Date added: 26-02-2019 Tak Hanya Ganti Semua Lampu Jalan Dengan LED, PERA KP Bisa Pantau Hidup Tidaknya Lampu Lewat HP

Date added: 21-02-2019 Lampu Hemat Energi Solusi Sementara Terangi Daerah Terpencil

Loading...